Semarang (30/01/2022) Pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) menjadi salah satu sektor yang mendapat pukulan telak karena masa pandemi Covid-19. Tidak sedikit usaha yang jatuh karena lesunya roda perekonomian selama berbulan-bulan.
Oleh karena itu, KKN Tim I Universitas Diponegoro yang bertugas di RW 08 Kelurahan Sendangmulyo berinisiatif untuk membantuk warga setempat pelaku UMKM yang terdampak Pandemi ini. Berdasarkan hasil wawancara dengan warga setempat, banyak terdapat UMKM yang dimiliki masyarakat setempat. Pandemi covid-19 menyababkan banyaknya masyarakat yang kehilangan pekerjaan dan sumber penghasilannya dikarenakan adanya pembatasan aktivitas sosial yang dijalankan pemerintah, Dalam menanggulangi hal tersebut, dibuatlah program ini dengan tujuan untuk membantu masyarakat yang terdampak ekonomi agar dapat tetap berpenghasilan dengan memanfaatkan potensi ekonomi kreatif berbasis digital.
Di masa pascapandemi seperti ini, digitalisasi menjadi tren baru karena semua aktivitas dilakukan secara online, munculnya tren ini dapat menjadi potensi dalam membangun dan mengembangkan UMKM. Saat ini, hampir seluruh aspek dalam pengembangan bisnis terdukung oleh platform-platform digital yang dapat digunakan para pelaku usaha di RW 08 untuk membantu pengembangan bisnis mereka dan memotivasi warga lain untuk mendirikan usaha mereka sendiri.
Sosialisasi UMKM ekonomi kreatif berbasis digital ini telah dilaksanakan oleh KKN TIm I Universitas Diponegoro Kelurahan Sendangmulyo pada hari Sabtu, 22 Januari 2022 yang bertempat di Balai RT 5 RW 8 Kelurahan Sendangmulyo, dalam acara sosialiasasi yang digelar tersebut, warga setempat nampak antusias dengan ilmu -ilmu baru yang didapatkan yang diharapkan dapat membantu pelaku UMKM yang terdampak Pandemi Covid-19 ini.
Semoga dengan diadakan nya sosialisasi ini, warga Kelurahan Sendangmulyo khususnya RW 8 dapat menerapkan ilmu yang diberikan agar dapat bertahan di Masa Pandemi ini dengan cara memanfaatkan kemajuan teknologi khususnya teknologi informasi agar dapat terus mencukupi kebutuhan nya.