Kepulauan Karimunjawa merupakan destinasi wisata unggulan Provinsi Jawa Tengah yang banyak dikunjungi oleh wisatawan dari dalam maupun luar negeri. Unit Kegiatan Selam Air-387 (UKSA-387) Universitas Diponegoro sebagai unit kegiatan mahasiswa yang fokus pada bidang konservasi dan pariwisata bahari terlibat aktif dalam upaya pelestarian lingkungan Karimunjawa.

Lebih dari 50 orang anggota UKSA-387 UNDIP terlibat dalam kegiatan coastal cleanup di Pulau Menjangan Besar – Kepulauan Karimunjawa. Coastal cleanup bertujuan untuk membersihkan lingkungan pantai dari sampah anorganik seperti sampah plastik, kaca, ban, tali, dan lainnya. Kegiatan coastal cleanup yang dilakukan kali ini merupakan bagian dari rangkaian kegiatan Latihan Perairan Terbuka (LPT) UKSA-387 UNDIP yang dilaksanakan tanggal 10-16 Maret 2023. Selain kegiatan Coastal Clean Up pada saat LPT juga dilakukan kegiatan sertifikasi selam, pengenalan underwater photography dan pendataan ekosistem pesisir.

Sebagai perwujudan Tri Darma perguruan tinggi dalam pengabdian masyarakat, UKSA-387 UNDIP mengambil peran sebagai garda terdepan di Kota Semarang dalam pertolongan bawah air yang membutuhkan keterlibatan seorang penyelam. Pada saat LPT, selain dilatih kemampuan selam, para anggota juga dibekali materi pelatihan pertolongan (Rescue) baik di darat maupun di laut. Kegiatan Latihan Perairan Terbuka (LPT) yang rutin dilakukan setiap tahunnya diharapkan mampu menghasilkan anggota UKSA-387 UNDIP yang tangguh, penyelam yang handal, selalu siap untuk terlibat dalam kegiatan kemanusian dan mampu menjaga kelestarian lingkungan laut Karimunjawa.