Semarang (08/08)- Salah satu kelebihan dari Kelurahan Pandansari adalah banyaknya warga yang menjadi pelaku UMKM. Usaha-usaha yang dijalankan pun beragam, seperti berjualan snack ringan, catering, kue pesta, baju, dan bahkan desain grafis. Hal ini menjadi daya tarik Kelurahan Pandansari. Terlebih lagi, UMKM memegang peranan penting dan krusial dalam pertumbuhan perekonomian di Indonesia. Secara umum, terdapat tiga peran UMKM atau kontribusi UMKM terhadap perekonomian Indonesia meliputi:
1. Sarana Pemerataan Perekonomian.
UMKM berperan dalam pemerataan tingkat perekonomian rakyat. UMKM bisa menjangkau daerah yang pelosok sehingga masyarakat tidak perlu ke kota untuk memperoleh penghidupan yang layak.
2. Sarana Mengatasi Kemiskinan.
UMKM berperan untuk mengentaskan masyarakat dari kemiskinan sebab angka penyerapan tenaga kerja terhitung tinggi.
3. Sarana Pemasukan Devisa Negara
UMKM menyumbang devisa bagi negara sebab pasarnya tidak hanya menjangkau nasional melainkan hingga ke luar negeri.

6-E089722-5-C03-4558-B4-BE-03210-C79811-B

Namun, banyak sekali pelaku UMKM yang usahanya cenderung stagnan. Hal ini dikarenakan usaha yang mereka jalankan, jangkauannya tidak terlalu luas bahkan hanya kepada tetangga-tetangga saja. Selain itu, mereka juga tidak setiap hari menjalankan usahanya, mereka hanya akan mulai berjualan jika ada pesanan saja. Alasan inilah yang membuat usaha mereka tidak terlalu maju. Dengan alasan tersebut, sosialisasi untuk memajukan UMKM para warga kelurahan Pandansari pun harus dilakukan, agar mereka dapat mengetahui bagaimana cara agar usaha mereka berkembang.

Keuntungan

Salah satu sosialisasi yang dilakukan adalah sosialisasi Penggunaan Bahasa Inggris dalam Memajukan UMKM. Hal ini dilakukan karena saat ini kita berada di era globalisasi, dimana persaingan usaha pun makin ketat. Dengan menggunakan bahasa Inggris, banyak manfaat yang bisa diambil agar usaha yang dijalankan pun bisa berkembang bahkan bisa. Target sosialisasi ini terfokus kepada para pelaku UMKM dan warga sekitar yang mulai ingin berusaha menjalankan UMKM. Sosialisasi ini berisi bagaimana bahasa Inggris dapat bermanfaat bagi pengembangan diri para pelaku UMKM dan kemajuan usaha yang mereka jalankan.
Manfaat yang bisa diambil adalah seperti meningkatkan skill komunikasi, memperkuat hubungan dengan relasi bisnis, membantu pengembangan usaha, mendapatkan beberapa ide atau inovasi yang unik, dan dapat memahami teknologi dengan lebih baik. Semua manfaat yang disebutkan ini sangat berguna karena dapat menunjang perkembangan usaha yang dijalankan. Contoh penggunaan bahasa Inggris dalam melakukan marketing juga dijelaskan agar para pelaku usaha ini dapat mempraktekkannya sesuai usaha yang dijalankan. Cara yang dilakukan dalam sosialisasi tersebut adalah presentasi di depan warga dan penempelan poster. Sosialisasi ini dilakukan demi mendukung jalannya SDGs nomor 8, yaitu Pekerjaan Layak dan Pertumbuhan Ekonomi.

001-A9126-DD7-D-4993-BDD0-6-F29406-AEC89

Penulis: Muhammad Faiz Hisyam
Dosen Pembimbing Lapangan (DPL): Dr.Ir.Baginda Iskandar MT., M.Si
Referensi
Nailufar, N. N. (2019, December 20). Peran UMKM dalam Perekonomian Indonesia Halaman all – Kompas.com. KOMPAS.Com. https://www.kompas.com/skola/read/2019/12/20/120000469/peran-umkm-dalam-perekonomian-indonesia?page=all#page2