Semarang (11/08/2022) – Mahasiswi KKN Tim II Universitas Diponegoro 2021/2022 telah melaksanakan salah satu Program Monodisiplin (Individu) dengan menyasar salah satu UMKM Batik Tapak Dara yang berada di Kelurahan Meteseh.
Di Era masa kini memang tidak bisa dipungkiri pesatnya kemajuan teknologi dan informasi yang menuntut semua orang untuk berpikir kreatif dan inovatif dalam memanfaatkan kecanggihan teknologi untuk menghasilkan karya – karya yang menarik. Adanya kemajuan teknologi tentunya akan memberikan kemudahan dalam membantu segala aktivitas manusia.
Saat ini banyak sekali orang memanfaatkan media sosial sebagai salah satu platform untuk melakukan promosi penjualan contohnya saja seperti media sosial Instagram yang saat ini sedang booming dan banyak penggemarnya mulai dari kalangan anak muda hingga orang tua banyak sekali yang menggunakan media sosial Instagram.
Menurut Indonesian Digital Report 2022 jumlah pengguna instagram di Indonesia mencapai 99,15 juta jiwa, dibandingkan dengan tahun lalu yang hanya mencapai 85 juta. Media Sosial Instagram juga menempati posisi kedua sebagai media sosial yang banyak digunakan setelah Whatsapp. Instagram banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia karena dapat mewakili wajah dari bisnis yang dilakukan.
Melalui hal tersebut program ini dipilih karena melihat UMKM Batik Tapak Dara ini sangat berpotensi untuk menjual produk batiknya ke jangkauan pasar yang lebih luas. Selain itu, UMKM Batik Tapak Dara sendiri juga belum mempunyai media sosial Instagram, sehingga Batik Tapak Dara bersedia dibuatkan media sosial Instagram sebagai salah satu media promosi yang dapat menyasar anak – anak muda zaman now.
Produk yang dihasilkan oleh UMKM Batik Tapak Dara ini sangatlah stylish dan mengikuti trend masa kini, Batik Tapak Dara menyediakan beragam pilihan produk dari mulai kain batik, tas, bucket hats, taplak meja, sarung bantal dan masih banyak yang lainya, tentunya akan sangat cocok untuk memasarkan produknya kepada muda-mudi dengan menggunakan media sosial Instagram. Untuk eksekusi program ini sendiri dilakukan dengan tahap survey, sosialisasi atau edukasi program pengelolaan media sosial Instagram, fixsasi desain untuk konten Instagram, dan penyelesaian (dokumentasi).
Diharapkan melalui pengelolan media sosial Instagram sebagai media promosi, UMKM Batik Tapak Dara dapat berkembang ke jangkauan pasar yang lebih luas dan berkomitmen untuk mengelola media sosial Instagram untuk menghasilkan konten Instagram yang menarik, serta dapat membantu mengefesiensikan biaya promosi yang dikeluarkan.
Penulis : Puspita Anggreini W (Informasi dan Humas – SV)
Dosen pembimbing : Dina Lestari Purbawati, SE., M.Si., Akt
Lokasi : Kelurahan Meteseh, Kec. Tembalang – Kota Semarang

