IMG20220806150016

Karangayu (1/8) – Modernisasi dalam produk maupun teknik penjualan UMKM dirasa sangat penting untuk keberjalanan usaha kedepannya. Inovasi dan pengembangan produk UMKM dapat dilakukan dengan cara meningkatkan keterampilan dalam menginovasikan produk melalui varian rasa, varian penggunaan bahan utama, varian ukuran, varian kemasan, serta varian teknik penjualan. Dalam proses produksinya pun dapat dikembangkan melalui penerapan teknologi tepat guna dan juga memperbaiki sistem quality control.

Inovasi penjualan yang dilakukan oleh Mahasiswa KKN Tim II Undip untuk membantu melariskan UMKM dilakukan dengan dua cara, yaitu pembuatan label stiker kemasan makanan dan pembuatan Google Business Profile. Label stiker kemasan makanan berisi gambar kartun usaha makanan yang dijual disertai nomor HP dan alamat usaha, dicetak sebanyak 230 buah dan dikirimkan soft file label stiker melalui Whatsapp kepada UMKM terkait agar dapat dicetak kembali.

Sedangkan pembuatan Google Business Profile dilakukan door-to-door karena memerlukan informasi tambahan mengenai detail usaha makanan tersebut, meliputi alamat lengkap, deskripsi usaha, titik maps yang akurat, jam operasional, contact person, foto daftar menu makanan, foto makanan dan minuman yang dijual, serta informasi mengenai layanan pemesanan (dine-in, take away, pesan antar). Pembuatan Google Business Profile ini bertujuan agar memudahkan orang lain untuk memiliki akses terhadap UMKM tersebut melalui pencarian di Google Maps, serta dapat melihat dan memberikan ulasan terhadapnya.

Modernisasi UMKM melalui pembuatan label stiker kemasan makanan dan pembuatan Google Business Profile dapat dikatakan sebagai strategi pemasaran yang dirasa cukup tepat untuk keberlanjutan program, lambat laun akan banyak masyarakat yang mengenal UMKM tersebut. Penambahan label stiker pada kemasan makanan akan terlihat eye-catching, serta nomor HP dan alamat yang tertera memungkinkan UMKM tersebut akan menerima pesanan nantinya. Juga ulasan dan foto-foto yang menarik yang ditampilkan di Google Profile Business dapat menjadi daya tarik konsumen untuk memutuskan melalukan pembelian terhadap UMKM terkait. Sehingga dengan adanya program ini, UMKM dapat menarik konsumen terhadap produk, meningkatkan kepercayaan konsumen untuk melakukan pembelian ulang, serta menaikkan laju pertumbuhan ekonomi UMKM.

Penulis: Shofi Balqissafira Afna
Dosen Pembimbing Lapangan (DPL): Noer Abyor Handayani, S.T.,M.T.
Lokasi: Kelurahan Karangayu, Kecamatan Semarang Barat, Kota Semarang

#KKNtimIIperiode2022
#p2kknundip
#lppmundip
#undip