Fakultas Psikologi Universitas Diponegoro (UNDIP) bersama dengan Faculty of Business, Economics and Social Development Universiti Malaysia Terengganu (UMT) pada November 2020 mendapatkan dana penelitian kolaboratif dari kedua belah pihak untuk melakukan riset berjudul “Understanding The Consumer Behavior during and post COVID-19 Pandemic”. Riset yang mengangkat tema kolaboratif psikologi dan bisnis ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor psikologis yang muncul akibat pandemi COVID-19 terhadap perilaku konsumen dan meninjau perbedaan lintas budaya pada perilaku konsumen di masa pandemi COVID-19 di Indonesia dan Malaysia. Ketua tim peneliti UNDIP, Dian Ratna Sawitri, S.Psi., M.Si., Ph.D dan ketua tim peneliti UMT, Dr. Nur Amalina binti Muhammad Zaki adalah kolega yang telah saling mengenal selama 8 tahun terakhir, maka tidak mengherankan jika kerja sama penelitian antar kedua negara bertetangga ini bisa dilakukan.
Riset yang didanai oleh International Partnership Research Grant dari UMT dan dana World Class University (WCU) UNDIP ini dengan total dana 20.000 Ringgit Malaysia atau sekitar 75 juta Rupiah per tahun ini akan berlangsung dengan skema multi years mulai Desember 2020 sampai dengan November 2023. Riset dengan metode mixed method ini diharapkan dapat menghasilkan luaran berupa 3 artikel jurnal internasional terindeks Scopus.
Sementara MoU antara UNDIP dan UMT sedang berporses, kerja sama riset ini diharapkan dapat melebar ke area kerja sama yang lain yaitu pendidikan, seperti pelaksanaan summer course, visiting lecturer, dan juga pengabdian masyarakat, seperti workshop dan seminar, dalam rangka mendukung peringkat UNDIP di kancah nasional maupun internasional. Riset ini turut mendukung Sustainable Development Goals nomor 4, yaitu Quality Education untuk mendukung pendidikan yang berkualitas dan nomor 17, yaitu Partnership for the Goals untuk menjalin partnership dalam mencapai tujuan.
sumber berita: